Selasa, 14 Mei 2013

TUGAS PERENCANAAN PENGAJARAN


N
A.        Pengertian Perencanaan Pengajaran
         Perencanaan pengajaran berasal dari kata perencanaan dan pengajaran. Perencanaan berkaitan dengan penentuan apa yang akan dilakukan agar tujuan yang diinginkan tercapai. Sedangkan pengajaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh para guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu pengetahuan, kemahiran dan pembentukkan sikap..
Perencanaan pengajaran  merupakan proses pembuatan rencana  menurut langkah-langkah tertentu baik berupa penyusunan materi pengajaran, penggunaan media, maupun metode pembelajaran lainnya yang dimaksudkan agar  terjadi proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Perencanaan pengajaran merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh guru sebelum proses pembelajaran.
           
B.        Tujuan Perencanaan Pengajaran
Perencanaan pengajaran bertujuan agar pelaksanaan pengajaran berjalan lebih lancar dan terarah juga agar  tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.  

C.        Prinsip-Prinsip Perencanaan Pengajaran
·      Perencanaan pengajaran harus berdasarkan kondisi siswa (perkembangan, kemampuan dan perbedaan karakter siswa)
·      Perencanaan pengajaran harus berdasarkan kurikulum yang berlaku. 
·      Perencanaan harus memperhitungkan waktu yang tersedia 
·      Perencanaan pengajaran harus merupakan urutan kegiatan belajar-mengajar yang sistematis. 
·      Perencanaan pengajaran bila perlu lengkapi dengan lembaran kerja/tugas
·      Perencanaan pengajaran harus bersifat fleksibel. 
·      Perencanaan pengajaran harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan, materi, kegiatan belajar dan evaluasi.
D.       Langkah-Langkah Perencanaan Pengajaran
                 Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam membuat Perencanaan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Menuliskan identitas mata pelajaran
2.      Menuliskan standar kompetensi dan kompetensi dasar
3.      Merumuskan tujuan khusus beserta materi pelajarannya
Tujuan pembelajaran harus mencakup 3 aspek  yaitu domain kognitif,  domain afektif dan domain psikomotorik.
4.       Memilih metode sesuai tujuan pembelajaran
5.      Merancang pendekatan sistem (pendekatan kelompok dan pendekatan individual)
6.      Menentukan orang-orang yang membantu dalam proses pembelajaran
7.      Memilih bahan dan alat yang sesuai dengan materi pembelajaran
8.      Fasilitas fisik (ruang kelas, pusat media, lab atau aula)
9.      Merencanakan evaluasi dan pengembangan
Melalui evaluasi, kita dapat melihat keberhasilan pengelolaan pembelajaran dan keberhasilan siswa mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar